Konstitusi Organisasi Kesehatan sedunia (WHO) tahun 1948 dan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H  menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap penduduk. Karena itu setiap individu, keluarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya, dan negara bertanggung jawab mengatur agar terpenuhi hak hidup sehat bagi penduduknya.

Dewasa ini pelayanan rumah sakit telah bergeser dari “Hospital Oriented Service’’ Menjadi “Patient Oriented Service’’ artinya pelayanan berorientasi pada kebutuhan pasien dan rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan publik berupaya memfasilitasi dengan sebaik-baiknya. Hal ini berkaitan dengan semakin meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan hak-haknya mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Selain masalah fisik, pasien dengan penyakit kronis mengalami gangguan psikososial berupa gangguan konsep diri, anxiety, hopeless, helpless sehingga memerlukan defence mechanism yang efektif dan konstruktif. Mereka membutuhkan teman untuk berbagi cerita. Pasien memerlukan suatu support system baik dari pasangan, keluarga, saudara, teman sebaya, petugas kesehatan, pekerja sosial dan juga teman-teman sesama penderita penyakit yang sama. Karena itu, para pasien dengan inisiatif dan spontanitas mereka, membentuk suatu komunitas berupa paguyuban sebagai wadah bagi para pasien untuk bisa saling mengenal, bersosialisasi dan saling memotivasi.

RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah melalui tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) dalam upaya memfasilitasi kegiatan paguyuban tersebut agar lebih terarah maka dipandang perlu menyelenggarakan ’’Seminar Kesehatan dan Launching Paguyuban Pasien Kemoterapi, Hemodialisa dan Senam Paliatif RSUD Tugurejo Provinsi Jawa Tengah’ . Tujuan kegiatan  ini adalah memberi bekal pengetahuan pada para pasien anggota paguyuban kemoterapi, hemodialisa dan senam paliatif dan melaunching secara resmi kegiatan paguyuban dan dapat sebagai forum silaturahmi antar pasien kemoterapi, hemodialisa dan senam paliatif., mempererat hubungan antara petugas kesehatan dengan para pasien. dan meningkatkan promosi kesehatan di RSUD Tugurejo.